E-Rekap KPU Temanggung Objek Studi Banding

December 3, 2019

TEMANGGUNG– Rekapitulasi perolehan suara secara elektronik atau e-rekap yang selama ini diterapkan KPU Kabupaten Temanggung secara informal setiap kali Pemilu, menjadi objek studi banding sejumlah KPU kabupaten. Di samping itu, mereka juga bertandang ke KPU Kabupaten Temanggung guna mempelajari digitalisasi data hasil pemilu yang telah diterapkan KPU setempat pula.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung, M Yusuf Hasyim, mengatakan, sejumlah KPU kabupaten yang telah melaksanakan studi banding di KPU Temanggung itu, antara lain ialah dari Kabupaten Pemalang, Sragen, Magelang, dan Grobogan. Sementara beberapa KPU kabupaten lain juga telah menginformasikan akan segera studi banding ke Temanggung.

‘’Teman-teman kabupaten lain itu ke Temanggung, guna mengetahui e-rekap dan digitalisasi data pemilu yang ada di KPU Temanggung, selain bertukar pengalaman mengenai penyelenggaraan Pemilu. Kami menyambut baik, dan merasa terhormat atas studi banding KPU kabupaten lain tersebut,’’tutur Yusuf, usai acara studi banding dari KPU Grobogan, pekan lalu.

Diungkapkannya, KPU kabupaten lain ingin mengetahui penerapan e-rekap di Temanggung, sehubungan adanya rencana digunakannya e-rekap dalam rekapitulasi perolehan suara Pilkada 2020. Kemudian, untuk digitalisasi data hasil pemilu juga dinilai saat ini merupakan kebutuhan sebagai upaya penyimpanan dan penyajian data secara praktis dan efektif.

                                           Komisioner dan Kasubag Umum menyambut studi banding

‘’Bagi kabupaten yang akan menggelar PIlkada 2020, e-rekap yang telah kami terapkan itu dianggap dapat menjadi gambaran sebelum penerapan e-rekap secara nasional pada Pilkada tahun depan. Bisa jadi, sistem e-rekap Pilkada 2020 akan mirip dengan yang kami terapkan,’’ujarnya.

Staf Pengelola Teknologi Informasi KPU Temanggung, Mahmudin Ashar, yang juga pencipta aplikasi ‘’Pemilu Pintar’’ mengungkapkan, e-rekap tersebut sebetulnya merupakan bagian dari aplikasi karyanya itu. Melalui aplikasi yang bisa diunduh pengguna ponsel pintar tersebut dapat diketahui informasi tentang peta TPS, cek data pemilih, C1 plano, dan hasil rekapitulasi perolehan suara.

‘’Informasi hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu yang ditampilkan pada aplikasi ‘Pemilu Pintar’ tersebut merupakan hasil e-rekap,’’tandasnya.

Kerja e-rekap diawali dengan pemotretan lembar formulir C1 atau hasil penghitungan suara di TPS oleh petugas PPS wilayah TPS bersangkutan. Foto formulir C1 itu selanjutnya dikirim ke tabulasi data di KPU Temanggung lewat internet. Berdasar foto C1 itu, petugas tabulasi data lalu melakukan entry atau pemindahan data perolehan suara di TPS ke template aplikasi rekapitulasi suara yang tersedia.

Tatkala melakukann entry data tersebut, secara otomatis akan diketahui apabila ada kesalahan penjumlahan total perolehan suara dari tiap-tiap calon atau partai pada TPS bersangkutan. Setelah dientry, aplikasi secara otomatis akan menyajikan hasil perolehan suara peserta pemilu per-TPS, lalu penjumlahan hasil di semua TPS sehingga menjadi tampilan rekap penghitungan suara tingkat desa (PPS), tingkat kecamatan (PPK), dan tingkat kabupaten (KPU kabupaten).

‘’Selama ini yang mengirim foto C1 memang petugas PPS, karena kami tidak ingin menambah beban kerja petugas KPPS yang sangat sibuk ketika hari pemungutan suara,’’tambahnya. (HS)