KPU Temanggung Sosialisasikan Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu Tahun 2019

Senin, 2 Oktober 2017.Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung,Ai?? undang partai politik mengikuti Sosialisasi Bimbingan Teknis Pendaftaran dan Verifikasi parpol peserta pemilu tahun 2019.Ai??Ai??Ai?? Acara diadakan di Aula KPU Kabupaten Temanggung. Partai Politik yang hadir dalam acara tersebut, berjumlah 14 partai adapun yang tidak hadir 2 parpol yaitu PKPI dan PBB sekalipun sudah diundang.Ai??Ai??Ai?? Partai politik yang hadir terdiri dari PDIP, PKB, PPP, Gerindra, Hanura,Ai?? Demokrat, PKS, Golkar, Nasdem, PAN, PSI, Berkarya, Idaman,Ai?? dan Perindro.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Drs. H. Sujatmiko, MPA, dalam sambutan mengatakn bahwa verifikasi Parpol adalah perintah Undang-UndangAi?? Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dikatakan juga bahwa KPU Temanggung akan netral dalam melakukan verifikasi. Pada prinsipnya jangan ada parpol yang dirugikan dan diuntungkan. KPU Temanggung berharap seluruh partai politik di kabupaten Temanggung mempersiapkan diri memenuhi persyaratan dan segera menyerahkan seluruh persyaratan dokumen kepada KPU Temanggung pada masa Pendaftaran.

Materi Sosialisasi di sampaikan oleh Komisioner KPU Temanggung Divisi Hukum Yami Blumut, SP.Ai??Ai??Ai?? Materi pertama berkaitan dengan jadwal pelaksanakan pendaftaran, yang berlangsung mulai tanggal 3-16 Oktober.Ai??Ai?? Waktu pendaftaran dilayani mulai jam 08.00-16.00,Ai?? kecuali untuk hari akhir pendaftaran pada tanggal 16 Oktober dimulai jam 08.00-24.00 WIB.Ai??Ai??Ai?? Seluruh partai politik wajib mendaftarkan ke KPU selama masa pendaftaran, lolos verifikasi untuk menjadi peserta pemilu tahun 2019.

Adapun persyaratan dokumen yang diserahkan kepada KPU Kabupaten Temanggung meliputi daftar nama dan alamat anggota partai politik dengan menggunakan formulir Lampiran 2 model F-2 parpol dalam bentuk softcopy melalui sipol dan harcopy,Ai??Ai?? juga harus menyerahkan bukti salinan kartu tanda anggota partai politik dan kartu tanda penduduk elektronik atau surat keterangan dari Dispendukcapil.

Jumlah anggota yang disetorkan sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 11 tahun 2017 dan surat keputusanAi?? KPU Nomor 165 tertanggal 26 September 2017,Ai?? paling sedikit 1000 orang atau 1/000 orang. Apabila menggunakan jumlah 1/1000 orang, maka di kabupaten Temanggung telah ditetapkan sebanyak 769 anggota.

Seluruh Dokumen yang sudah lengkap dan sesuai dengan data di SIPOL maka KPU Kabupaten Temanggung akan menerima dan memberikan tanda terima sesuai formulir Model TT.KPU-Parpol.Ai??Ai?? Untuk selanjutnya akan dilanjutkan dengan penelitian administrasi, dan dilakukan verifikasi admnistrasi.

Apabila pada waktu penyerahan dokumen belum lengkap,Ai?? maka KPU Kabupaten Temanggung tidak akan menerima dan mengembalikan partai politik untuk diperbaiki sampai batas waktu pendafatran berakhir yaitu tanggal 16 Oktober 2016 jam 24.00.

Pada acara sosilisasi tersebut juga hadir Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Temanggung Erwin R dan Staf.Ai??Ai??Ai?? Materi Sosialisasi yang diserahkan kepada partai politik dan undangan adalah PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tentangAi?? Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilu Tahun 2019 telah memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi partai Politik peserta pemilu 2019 dan PKPU Nomor 11 tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Verifikasi partai Politik peserta pemilu 2019.

Pada akhir acara sekilas, disimulasikanAi?? proses verifikasi faktualAi??Ai?? khususnya metode pengambilan sampel acak sederhara dan verifikasi faktual di lapangan.Ai??Ai??Ai?? Petugas verifikasi faktual mendatangi anggota yangAi?? termasuk dalam sampel, dan apabila tidak ditemukan, petugas akan menghubungi parpol untuk dikumpulkan di suatu tempat dan diverifikasi faktual keanggotaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

best custom term paper sites